VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

PJ Bupati Nagan Raya perdana operasional bus angkutan perintis

Redaksi  


 

Nagan Raya ,vokaltop7.com – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si melaunching perdana operasional bus angkutan perintis trayek Blang Puuk Kec. Beutong Ateuh Banggalang - Ujong Fatihah Kec. Kuala.


Peluncuran bus yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas ll Aceh itu dilakukan di Halaman Kantor Bupati, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kamis (1/2/2024). 


Dalam sambutannya, Pj. Bupati Fitriany Farhas menyampaikan terima kasih kepada BPTD Kelas ll Aceh yang telah memberikan bantuan bus angkutan perintis tersebut.


Menurut Fitriany, pada tanggal 29 September 2023 yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya mengajukan usulan dan proposal angkutan perintis kepada Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Darat.


“Alhamdulillah, bantuan bus angkutan perintis dari Kemenhub kita terima pada hari ini, dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Nagan Raya, khususnya masyarakat Beutong Ateuh yang ingin bepergian” ujar Fitriany.


Pj. Bupati Ftriany juga menceritakan secara singkat tentang Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang yang memiliki 4 desa, terletak di kawasan pegunungan Singgah Mata dan melewati jalan yang berkelok-kelok serta memiliki banyak tanjakan dan turunan. 


"Selain sudah tersedia akses internet 4G, dan sekarang dengan adanya bus ini, akan memudahkan akses dan mobilitas masyarakat, cukup dengan membayar Rp15.000," kata Pj. Bupati Fitriany Farhas.


Pj. Bupati Fitriany juga meminta kepada masyarakat Beutong Ateuh untuk memanfaatkan bus angkutan perintis tersebut serta menjaga fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. 


Sementara itu Kepala BPTD Kelas ll Aceh, Ir. Mulyahadi, MSTr, menjelaskan bantuan bus angkutan perintis tersebut berupa Toyota HiAce yang sebenarnya berkapasitas 14 orang dan dikelola oleh Perum Damri.


“Demi kenyamanan, hanya diisi oleh 10 orang penumpang, agar nanti juga bisa memuat barang, dengan jarak tempuh 84 kilometer, jadi pulang pergi (PP) 168 kilometer,” jelas Mulyahadi


Untuk jadwal keberangkatan lanjut Mulyahadi, setiap hari mulai pukul 07:00 WIB dari Blang Puuk, Beutong Ateuh Banggalang ke Ujong Fatihah, Kuala dan kembali ke Beutong Ateuh Banggalang pukul 17:00 WIB.


“Keberangkatan PP setiap hari, untuk ongkos sudah disubsidi sebesar 70% oleh Kemenhub melalui BPTD Kelas ll Aceh, jadi masyarakat hanya dibebankan 30%, termasuk sopir nanti disiapkan dan berdomisili di Beutong Ateuh” demikian kata Mulyahadi.


Sementara itu kadis perhubungan Anto saat dikonfirmasi oleh media ini di ruang kerjanya ,kamis (1/2/2024) mengatakan dengan adanya bantuan operasional bus angkutan perintis trayek Blang Puuk Kec. Beutong Ateuh Banggalang - Ujong Fatihah Kec. Kuala dalam hal ini sangat berterima kasih kepada semua pihak baik pemerintah pusat dan daerah yang telah memberikan bantuan bus tersebut "kata Kadishub


Dikatakannya ,bantuan operasional Bus  tersebut dengan melalui proposal yang kami ajukan pada September 2023 lalu  dan Alhamdulilah pada Januari 2024 ini dapat   Satu unit bus diakuinya dalam proposal tersebut kita buat 2 buah yang kami minta ,Namun demikian  tidak jadi masalah walaupun hanya satu buah mobil yang di bantu tersebut dan itu juga sudah sangat terbantu untuk masyarakat Nagan Raya "jelas Anto 


Turut hadir dalam acara tersebut, para Asisten Sekda, Sejumlah Kepala SKPK, General Manager Perum Damri Aceh, Camat Beutong Ateuh Banggalang serta para Keuchik dan tokoh masyarakat Beutong Ateuh Banggalang.(*Red)