VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

H-2 Penutupan TMMD Reguler ke 120 Kodim 0116/Nagan Raya Mencapai 98 Persen

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com- Meskipun sempat terkendala faktor cuaca yang tidak menentu akhirnya semua pembangunan sasaran fisik yang menjadi sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 120 Kodim 0116/Nagan Raya telah selesai 98 persen sesuai target. Kegiatan TMMD ini telah dibuka sejak 08 Mei lalu, dan akan ditutup pada Jumat 07 Juni 2024 di desa Alue Gajah Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Naagan Raya, Rabu (05/06/2024).


Sasaran pokok TMMD berupa pembangunan badan jalan sepanjang 3.000 meter dan lebar sekitar 6 meter, pembuatan parit kanan kiri jalan sepanjang 3000 meter dari desa Kota Baro Blang Muling sampai desa Alue Gajah,pembuatan Rabat Beton 350 Meter lebar 4 meter,  Pembangun 1 unit jembatan 4X5 M, 1 unit Box Culver 1X6 M, 1 unit Box Culver 2X6 M, sasaran tambahan yaitu Manunggal Air 3 titik, Han Pangan, Bersatu dengan alam, Pembersihan lingkungan, Rehab RTLH/MCK sedangkan sasaran Non Pisik Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Kesehatan /Stunting, Penyuluhan Posyandu dan Posbindu, Penyuluhan Pertanian, dan Pengobatan Masal.


Cuaca tidak menentu dilokasi TMMD, sempat dikhawatirkan warga setempat bahwa pekerjaan tidak bisa diselesaikan tepat waktu sebagaimana yang telah ditetapkan. Sebagaimana yang pernah diungkapkan kepala desa Kota baro blang Muling pak Bustamam “ cuaca yang tidak menentu menjadi kendala dalam mengerjakan pembangunan jalan dan jembatan sehingga membuat pekerjaan jadi terhambat. Memang tidak berhenti total, tetapi kami jadi menunggu hujan reda baru bisa bekerja” ungkapnya.


Masyarakat dan anggota Satgas di lapangan akhirnya harus kerja lebih ekstra agar pekerjaan bisa selesai, tidak sampai molor dari target yang telah ditentukan. Ternyata, meskipun sempat terjadi kendala faktor alam, sasaran fisik TMMD itu bisa diselesaikan seratus persen satu hari sebelum penutupan.


Menurut Kepala Desa kota baro blang muling pak Bustamam ” Program TMMD ini merupakan kerja sama antara TNI dengan Pemda dan masyarakat. “TMMD ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” terangnya,


Sementara itu Dansatgas TMMD Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. membenarkan bahwa foktor cuaca dengan sering datangnya hujan sempat menjadi kendala pengerjaan sasaran sasaran pokok, tapi Alhamdullilah berkat kerja keras semua pihak baik Pemkab Nagan Raya, warga masyarakat dan anggota Satgas TMMD, semua program dapat diselesaikan pada hari Kamis atau H-1 sebelum penutupan TMMD,” pungkasnya,(*Red)