VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Kegiatan Lomba Duta Baca Untuk Tingkat SMA,SD dan MI Secara Resmi di Tutup Oleh Asisten Perekonomian

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.vom - Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP. S.Sos.,M.Si, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab, Amran Yunus, S.P.,M.T, secara resmi menutup kegiatan Pemilihan Duta Baca bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan mahasiswa serta Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Nagan Raya tahun 2024.


Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Komplek Perkantoran Suka Makmue, Jum'at (31/5/2024) petang.


Dalam sambutannya, Amran Yunus, antara lain mengatakan, turut merasa gembira atas terselenggaranya kegiatan Pemilihan Duta Baca dan Lomba Bercerita tersebut.


"Kita sama-sama mengetahui, bahwa menulis dan membaca dalam bidang tertentu serta memahami apa yang dibaca lalu mengolah informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari hasil membaca merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari," ujar Amran Yunus. 


Menurutnya, memahami apa yang dibaca dan ditulis merupakan makna dari literasi, dan ini perlu dibudayakan terutama kepada mereka yang sedang belajar di bangku sekolah dasar dan menengah.


"Karenanya, berbagai upaya untuk itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Pemerintah bertekad membangkitkan budaya literasi dengan cara menggelorakan minat baca dikalangan masyarakat terutama melalui pemanfaatan fasilitas perpustakaan," kata Asisten II itu. 


Salah satu lembaga formal yang disediakan pemerintah, lanjutnya, adalah perpustakaan daerah yang dikelola dinas perpustakaan dan kearsipan daerah. 


Lanjutnya, keberadaan perpustakaan sangatlah penting, sebab perpustakaan merupakan gudang ilmu, sedangkan buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya.


"Maka dari itu, di kesempatan yang baik ini saya mengajak kita semua bersama- sama, bahu-membahu untuk memikirkan, mendukung serta bertindak membantu membangun dunia pendidikan melalui peningkatan budaya baca dikalangan masyarakat, khususnya anak-anak kita generasi penerus bangsa," ajaknya 


Di akhir sambutannya, Amran mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah menunjukkan prestasinya dan meraih juara dalam ajang lomba tersebut. 


"Mudah- mudahan hasil yang di peroleh di tingkat kabupaten dapat dipertahankan saat mengikuti kegiatan yang sama di tingkat provinsi, bahkan sampai ke tingkat nasional," pinta Amran Yunus. 


Tambahnya, kepada para dewan guru dan orang tua yang mendampingi para peserta selama kegiatan berlangsung saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya.


"Begitu pula kepada para dewan juri yang telah bekerja maksimal pada acara ini saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga, semoga apa yang bapak dan ibu lakukan menjadi amal ibadah disisi Allah SWT," tutur Amran Yunus. 


Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Drs. Said Amri, dalam laporannya menyampaikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sejak tanggal 29 Mei hingga hari ini telah melaksanakan dua agenda kegiatan, yaitu Pemilihan Duta Baca dan Lomba Bercerita.

 

"Peserta Duta Baca berjumlah 80 orang, terdiri dari 6 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan 74 orang siswa Sekolah menengah, sementara peserta lomba bercerita sebanyak 90 orang, terdiri dari 21 murid SDN, 8 orang SD IT dan 61 orang dari MIN/MIS yang duduk di kelas II-V. Ada 3 peserta yang tidak sempat mengikuti dengan berbagai alasan," jelas Said Amri.


Adapun pemenang Duta Baca:

Juara 1: Eka Silvia, siswa SMAN 2, Kecamatan Darul Makmur. 

Juara 2: Reta Safira (Mahasiswi UTU). 

Juara favorit 1: Rendi Prasetyo (SMAN Bunga Bangsa, Darul Makmur). 

Juara favorit 2: Fitri Yanti (SMAN Modal Bangsa, Banda Aceh).

Juara favorit 3: Abiya Nuzula (SMA Bunga Bangsa, Darul Makmur). 


Pemenang Lomba Bercerita:

Juara 1: Syakila Khairina dari SDN Karang Anyer, Darul Makmur.

Juara 2: M Daffa Al Khalifi (SD IT Ar Rahman Kecamatan Kuala).

Juara III: Amalia Mudzalifah Nazran (MIN 1 Nagan Raya). 

Juara Harapan 1: Mtsna Raihani (MIN 1 Nagan Raya) dan Juara Harapan 2: Diya Khanza Rafani (MIN 1 Nagan Raya).


Pada kesempatan itu, Asisten ll Setdakab Nagan Raya juga menyerahkan piagam penghargaan kepada juara 1 Raja dan Ratu Baca. Sementara untuk juara 1 Lomba Bercerita diserahkan Kepala DPK Nagan Raya.


Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah Kepala SKPK, Para Camat, Pengurus DWP serta tamu undangan lainnya.(*Red)