VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

HMI Komisariat Teknik Cabang Langsa Laksanakan Basic Training LK I

Redaksi  


 

Langsa - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Samudra Cabang Langsa resmi membuka acara Basic Training Latihan Kader (LK) 1 di Aula Fakultas Teknik Universitas Samudra. Kamis (01/06/2023)


Basic Training Latihan Kader 1 yang bertema, “Terbinanya Kepribadian Muslim yang Berkualitas Akademis, Sadar Akan Fungsi dan Peranannya dalam Berorganisasi serta Hak dan Kewajibannya sebagai Kader Umat dan Bangsa”


Pembukaan acara khususnya dalam rentetan sambutan, diawali dengan Ketua Panitia, Ketua Umum Komisariat Teknik Universitas Samudra, Ketua Umum HMI Cabang Langsa, BPL HMI Cabang Langsa dan Pembukaan kegiatan oleh KAHMI Kota Langsa.


Ketua Panitia Satria Wijaya menyampaikan bahwa proses kegiatan Basic Training ini dimulai dari pendaftaran, screning test, pengumuman dan baru memasuki forum training. Dimulai dari pendaftaran, kami membuka open rekrutment secara online dan offline dengan membuka stand pendaftaran di halaman Universitas Samudra dimulai pada tanggal 15 – 26 Mei 2023, selanjutnya screning test dimulai pada tanggal 29-30 Mei 2023 dan pengumuman kelulusan screning test pada tanggal 31 Mei 2023. Hasil dari screning test memutuskan 25 orang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Forum Basic Training Latihan Kader I HMI Komisariat Teknik yang diselenggarakan di SMP N 8 Kota Langsa.


Dilanjutkan oleh Ketua Umum HMI Komisariat Teknik Kanda Doni Saktian Ritonga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak dan seluruh panitia sehingga acara opening ceremony ini dapat berlangsung. Doni juga menyampaikan bahwa HMI didirikan pada 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan dengan tanggal 5 Februari 1947 yang berarti HMI berdiri dua tahun setelah kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. HMI merupakan organisasi mahasiswa tertua dan terbesar di Indonesia yang telah melahirkan banyak tokoh-tokoh hebat, oleh sebab itu mari berhimpun dan bergabung di HMI.


Kemudian Ketua Umum HMI Cabang Langsa dalam sambutan nya juga menyampaikan bahwa HMI Cabang Langsa sudah ada di Kota Langsa sejak tahun 1965 sehingga kiprah HMI di Kota Langsa sudah dirasakan sejak saat itu. Dinamika pergolakan dan pengkaderan juga sudah menjadi hal biasa di internal HMI Cabang Langsa. Basic training LK I Komisariat Teknik bukanlah yang pertama. Sejak tahun 65 basic-basic training HMI rutin selalu diselenggarakan di Kota Langsa. Amiruddin juga menyampaikan bahwa sejauh masa kepemimpinan nya sudah di lakukan 11 kali training yang di buat oleh Himpunan Mahasiswa Islam di Kota Langsa. 


Sementara Ketua BPL HMI Cabang Langsa melalui perwakilan nya Kanda Abdi Maulana dalam sambutan nya menceritakan kisah seorang tokoh revolusional dan kader terbaik yang pernah dilahirkan oleh HMI. Abdi menyampaikan beberapa bulan yang lalu HMI mendapatkan kabar bahagia dengan selesainya masa-masa suram salah satu kader HMI terbaik Se-Indonesia, bahkan beliau memberikan motivasi yang menggetarkan seluruh pelosok negeri Indonesia dengan kalimat "Tidak ada kamus berhenti Berjuang ", yaitu Abangda Anas Urbaningrum salah satu kader terbaik yang pernah di lahirkan oleh himpunan ini, HMI. 


kemudian pesan untuk HMI komisariat teknik yang sedang melaksanakan hajat, di dalam buku Tsun Zhu ada 36 strategi dan strategi Mengorbankan pohon plum demi pohon persik dapat adik-adik implementasikan dalam menyukseskan kegiatan Basic Training ini,  dan jangan pernah sesekali menggunakan strategi ke 36, apa itu?  Ya "LARI", contohnya Lari dari masalah,  Lari dari keadaan,  dan yang terpenting Jangan pernah lari dari kenyataan.


Kanda Arwin Ariga yg hadir mewakili KAHMI Kota Langsa juga menyampaikan dalam kata sambutan nya bahwa HMI adalah organisasi tertua dan terbesar di Indonesia yg sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat. Beberapa di antaranya ada Akbar Tanjung, Prof. Amien rais, Prof. Yusril Iza Mahendra, Prof Mahfud MD dan banyak lainnya dan mereka semua telah melalui proses pengkaderan HMI seperti Latihan kader I ini. 


Juga sebelum membuka acara Latihan kader I ini, Kanda Arwin Ariga  juga berpesan bahwa penting bagi kader hmi untuk melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi dan Tujuan HMI.