VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Jelang Hari Raya Qurban, Pemkab Nagan Raya Gelar Pawai Takbiran

Redaksi  



Nagan Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP. S.Sos.,M.Si., melepas Pawai Takbiran yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 Hijriyah/2023 M.


Pelepasan pawai takbiran itu dilaksanakan di Halaman Masjid Baitul A'la Kabupaten setempat, Rabu (28/06/2023) malam.


Dalam sambutan singkatnya, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga pawai takbiran yang kedua kali ini dapat berjalan dengan baik. 


“Alhamdulillah berkat kerja sama kita semua pawai ini dapat dilaksanakan,” ujar Fitriany Farhas. 


Dikatakan Fitriany, bahwa pawai ini adalah untuk memperingati hari Raya Idul Adha. 


"Hal ini kita lakukan bukan bersifat ria, akan tetapi untuk memeriahkan Hari Raya Qurban," pungkasnya. 


Sebelumnya, Sekretaris Daerah, Ir. H. Ardimartha, melaporkan, pawai tersebut diikuti seluruh SKPK serta masyarakat dari tujuh kecamatan dari 10 yang ada dalam kabupaten Nagan Raya. 


"Namun demikian, ada tiga kecamatan yang tidak mengikuti pawai bersama kita malam hari ini, yaitu Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Darul Makmur dan Tripa Makmur, dikarenakan jaraknya jauh untuk ke Ibukota Suka Makmue," ujar Ardimartha. 


Lebih lanjut Sekda menjelaskan, adapun rute pawai takbiran dimulai dari Masjid Agung Baitul A'la (Masjid Giok) menuju arah Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmue, kemudian berbelok ke arah Jeuram, Kecamatan Seunagan.


Di Jeuram, peserta pawai berputar arah kembali untuk seterusnya menuju Simpang Peut, Kecamatan Kuala. Selanjutnya, konvoi mobil pawai keliling tersebut menuju ke Ujong Patihah dan finish di Masjid Giok. 


Untuk ketertiban pelaksanaan takbiran dibantu pihak Polres, Kodim 0116 Nagan Raya dan Dinas Perhubungan serta Satpol PP. Pelepasan peserta takbiran ditandai dengan pemukulan beduk oleh Pj Bupati didampingi Dandim, Kapolres dan Kajari. 


Kegiatan yang berlangsung ba'da Isya itu turut dihadiri unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekdakab, Ketua MPU, MAA, MPD, Kakankemenag,  Kepala SKPK, Camat, ASN, Keuchik Gampong, Ormas dan masyarakat setempat.