VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Pemkab Dukung Pelaksanaan FGD Akselerasi Percepatan Penyaluran DAK Fisik 2023

Redaksi  



Nagan Raya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya menyambut baik serta mendukung pelaksanaan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Akselerasi Percepatan Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2023 yang diselenggararakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Aceh.


Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nagan Raya, Ir. H. Ardimartha dalam sambutannya pada kegiatan FGD yang berlangsung di Aula Bappeda, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kamis (13/7/2023).


Menurut Sekda, pada tahun 2023, DAK fisik yang dikelola oleh Pemkab Nagan Raya sebesar Rp47.067.442.000,- sedangkan jumlah sub bidang yang dikelola sebanyak 9 sub bidang.


“Anggaran DAK Fisik tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun anggaran 2022 yang lalu, demikian juga dengan sub bidang yang dikelola, dari 13 sub bidang di TA 2022, saat ini 9 sub bidang,” sebutnya.


Lebih lanjut, Sekda meminta kepada SKPK Nagan Raya yang mengikuti acara FGD untuk menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi, untuk dicarikan solusi bersama, sehingga semua DAK Fisik tahap pertama dan data kontrak sudah dapat diselesaikan


"Oleh karena itu, Pemkab Nagan Raya akan terus mendorong percepatan penyaluran DAK Fisik sehingga manfaatnya dapat cepat dirasakan oleh lapisan masyarakat," ungkap Sekda.


Sementara itu, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Aceh, Izharul Haq menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Nagan Raya telah memfasilitasi acara FGD dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan bersama.


Acara FGD ini lanjut Izharul, sangat penting dilaksanakan sebagai wahana diskusi atau mencari solusi atas berbagai kendala dalam penyaluran DAK Fisik di Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Simeulue.


"Terima kasih kepada Pemkab Nagan Raya dan Simeulue telah hadir di acara FGD ini, semoga acara ini dapat berjalan sukses sesuai yang kita harapkan," ujar Izharul Haq.


Dalam kesempatan itu, Sekda Ardimartha menyerahkan cinderamata kepada Kepala Kanwil DJPb Provinsi Aceh serta Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  Meulaboh, yang dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Kepala Kanwil DJPb Provinsi Aceh kepada Sekda Ardimartha mewakili Pemkab Nagan Raya serta perwakilan Pemkab Simeulue.


Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi yang disampaikan Alfa MH Simanungkalit dari Kanwil DJPb Provinsi Aceh dan Kepala BPKD Nagan Raya, Ali Munir, S.E.,.M.M. serta diskusi bersama.


Adapun yang menjadi peserta FGD, selain dari perwakilan sejumlah perangkat daerah Kabupaten Nagan Raya, juga diikuti oleh perwakilan Pemkab Simeulue serta jajaran KPPN Meulaboh.