VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Melalui Gerakan Posyandu Aktif"PJ Bupati Meminta Ibu PKK dan Kader Posyandu Untuk Mengajak Anak Yang Mengalami Stunting

Redaksi  


 Nagan Raya,vokaltop7.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melaksanakan Gerakan Posyandu Aktif Bersama Kader di halaman Kantor Camat Kuala Pesisir, Rabu (25/10/2023).


Kegiatan yang turut dihadiri Wakil Ketua II DPRK Hj. Puji Hartini, S.T., M.M., Kepala Dinas Kesehatan Hj Siti Zaidar S.ST., M.K.M., Kepala Puskesmas Padang Rubek, para ibu TP-PKK dan Kader Posyandu Gampong dalam Kecamatan Kuala Pesisir tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Fitriany Farhas, AP, S,Sos., M.Si.


Dalam arahannya, Pj Bupati Fitriany Farhas mengatakan, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai salah satu wujud dari pelayanan dasar kesehatan masyarakat yang memiliki peran penting untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. 


"Kesehatan itu sangat penting, apalagi selalu digaungkan oleh Pemerintah Pusat untuk menekan angka stunting di daerah, sebagaimana cita-cita nasional tahun 2045 menuju Indonesia emas," ujarnya.


Dikatakan, untuk para ibu ketua TP-PKK beserta Kader Posyandu Gampong, Fitriany menginstruksikan untuk mendata anak-anak stunting di gampong.


"Tolong ibu PKK dan kader posyandu untuk diajak anak yang mengalami stunting, kalau perlu datang ke rumahnya untuk dapat hadir di kegiatan kesehatan, beri pencerahan tentang stunting, kasih makanan yang bergizi, seperti telur, ikan, ayam dan makanan lainnya, serta selalu dipantau tumbuh kembang anak, apalagi anggaran desa sudah di-Perbub-kan 10 persen untuk stunting ini," jelasnya.


Selain itu, Pj Bupati Fitriany juga mewajibkan agar para anak-anak stunting untuk dibawa ke tempat kegiatan kesehatan, seperti Posyandu, kegiatan Sigaseh (Siuroe keu gampong sehat) dan kegiatan kesehatan lainnya.


"Ini tugas ibu ketua PKK dan kader Posyandu gampong untuk diajak, kalau bisa di jemput. Semoga dalam waktu dekat ini, stunting bisa kita turunkan menjadi 0 persen," pinta Fitriany.


Sementara itu, Camat Kuala Pesisir Edi Kamal, S.Sos.l menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati dan rombongan yang telah berhadir untuk membuka acara ini.


"Semoga dengan kehadiran ibu Pj dapat memberikan semangat dan motivasi para kader Posyandu, untuk lebih giat lagi bekerja menanggulangi permasalahan kesehatan di Kecamatan Kuala Pesisir," tutur Edi.


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, beserta tanya jawab terkait dengan permasalahan kesehatan.(*Red)